Add Url - Free Directory - Submit Link

Sedia Kain Batik Troso Jepara - KAIN TENUN IKAT

Sedia Kain Batik Troso Jepara


Motif Kain :Kain Batik
Kode Barang
Harga  Rp130,000
Ukuran  Lebar 105 cm Panjang 225  cm
Stok Barang  Ready
Bahan Kain Tenun Ikat Jepara  Katun
Minat, Konfirmasi ke  Nomor Dibawah Ini


Tenun Batik
Batik memang sangat populer di Indonesi, kepopueran tersebut rupanya di anut oleh Kain Tenun yang mulai pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mulai di populerkan oleh beliau. Namun proses pembuatan Tenun dengan Batik tentu berbeda, jika batik diberi motifnya diatas kain polos kalau tenun motifnya sudah ada di benang yang akan dijadikan kain. Disinilah kerumitan membuat sepotong kain tenun, butuh waktu berhari hari untuk menghasilkan sebuah kain tenun yang cukup berkualitas. Meskipun tingkat kerumitannya lebih tinggi dibandingkan dengan kain batik, namun harga jualnya tetap terjangkau untuk kalangan menengah.

Persaamaan Tenun dengan Batik
Jika berbicara tentang persamaan antara batik dan tenun tentu ada kesamaan diantara keduanya, persamaan tersebut terletak pada motif yang ada pada kain mempunyai motif bunga, fauna ataupun garis, persamaan inilah yang membuat keduanya mampu bertahan ditengah banyaknya kain pabrik yang membanjiri pasar Tradisional ataupun modern di Indonesia. Namun keduanya juga mempunyai perbedaan yang cukup mencolok dari sisi membuatnya, jika batik pemberian motif dilakukan disaat kain sudah jadi namun kalau tenun pemberian motif disaat kain masih berupa ribuan helai benang. Jika melihat perbedaan tersebut tentu membuat sehelai kain batik dengan sehelai kain tenun lebih susah membuat kain tenun.

Produksi Kain Tenun Batik
Tidak asing lagi diantara kota di Indonesia yang menjadi pusat kerajinan batik adalah Solo dan Pekalongan, kedua kota ini tentu mempunyai ciri tersendiri. Begitu pula Kain tenun tersebar di seluruh Indonesia diantaranya Lombok dan Troso. Troso merupakan sebuah desa yang berada di kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, di desa Troso sendiri hampir semua penduduknya merupakan pengrajin kain, untuk itu kain yang dihasilkan disini lebih dikenal dengan kain tenun Troso, meskipun antara satu pengrajin dengan pengrajin lainnya dalam membuat kain tenun mempunyai motif yang tidak selalu sama.

Motif Kain Tenun Troso
Di desa Troso sendiri banyak sekali pengrajin kain tenun, sehingga oleh pemerintah kabupaten Jepara dijadikan desa Wisata Kain tenun, disini hampir 20,000 - 30,000 Pcs kain dihasilkan setiap minggunya untuk dikirim ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Dari ribuan helai kain tersebut tentu mempunyai motif yang beragam. Motif motif tersebut antara lain seperti Tenun Baron, Tenun Skaf, Tenun Endek, Tenun Ikat, Tenun rangrang katun, tenun rangrang rajut, tenun kamen, tenun polos, tenun blangket, tenun kerudung, tenun sutera, kroto, rang rajut, tenun taplak dan lain lain.

Ukuran dan Harga Kain Tenun Troso
Kain biasanya dibuat untuk baju, baik itu baju perempuan ataupun baju laki laki, demikian pula kain tenun Troso ini juga dibuat baju, tidak hanya baju saja, namun bisa juga dijadikan Badcover, Selimut, Jok Kursi dan lain lain. Untuk membuat baju tentu membutuhkan kain yang pas untuk sebuah baju, untuk itu kain tenun Troso Jepara sendiri sudah disesuaikan dengan ukuran baju orang normal baik itu ukuran M, L, XL bisa semua. Adapun ukuran tersebut ada yang 105 x 225 cm, 110 x 225cm, 115 x 250, 200 x 300 cm dan lain lain. Untuk harganya rata rata yang kuran 105 x 225 cm Rp 130,000, sedangkan yang ukuran 110 x 225 cm Rp 150,000, untuk blanket yang ukuran badcover Rp 250,000.

CONTAK PERSON BBM 54CC4F4D WHATSAPP 085 290 167 551

Share this product :

Hot Articles

 
Support : Copyright © 2011. KAIN TENUN IKAT - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger