Add Url - Free Directory - Submit Link

Kain Tenun Ikat Jepara - KAIN TENUN IKAT

Kain Tenun Ikat Jepara




Motif Kain : Kain Tenun Ikat Jepara 
Kode Barang  KT 61
Harga  Rp135,000
Ukuran  Lebar 105 cm Panjang 225  cm
Stok Barang  Rady
Bahan Kain Tenun  Katun
Minat, Konfirmasi ke SMS,TELP, WA 085290167551 BBM 51B55386



Kain Tenun Ikat Jepara

Kain tenun ikat Jepara adalah salah satu dari sekian banyak produk budaya tradisional khas Indonesia yang dibuat secara tradisional dengan menggunakan alat tenun bukan mesin namun bernilai seni tinggi dan indah. Proses pembuatan produk warisan budaya khas kabupaten Jepara ini melewati sejumlah proses yang memakan waktu hingga satu bulan dalam pengerjaannya. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk menghasilkan sehelai kain tenun ikat dimana hampir semua proses pembuatan kain ikat tersebut dilakukan secara tradisional dan manual serta menuntut ketekunan dan kesabaran tinggi. 


Dalam pembuatan kain tenun ikat ini setidaknya ada lebih dari 10 tahapan, proses pembuatan tenun ikat khas Jepara diawali dengan memintal benang sebagai bahan dasar yang membujur ( Ngeboom ) serta memproses benang yang melintang ( Plangkan ). Ngeboom sendiri melalui beberapa tahap seperti pewarnaan benang, pemintalan, penggulungan dan lain lain. Untuk proses plangkan sendiri juga demikian, setidaknya melalui beberapa proses seperti penyepulan, ngeteng, membentuk pola, tali, direndam, pewarnaan, batil, ganepo, gosok, malet baru proses penenunan atau membuat kain tenun.


Dalam proses mewarnai benang, pengrajin tenun ikat tradisional menggunakan pewarna yang sudah disediakan namun tetap menjaga kualitas dari pewarna tersebut yang nantinya juga ikut menentukan kualitas dari kain tenun ikat itu sendiri. Apabila menggunakan pewarna bagus dan proses pewarnaannya juga sesuai maka dapat menghasilkan kain tenun dengan warna yang cerah meskipun warna tersebut bermotif gelap.


 Motif Kain Tenun Ikat



Pada zaman dahulu, tenun ikat yang sejak lama telah digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat setempat, namun berdasarkan perkembangan zaman dan seiring banyaknya masyarakat yang menyukai kain tenun ini maka sekarang kain tenun ikat ini sudah menjadi kerajinan home industry yang cukup menjanjikan keuntungan yang menggiurkan bagi para pengrajin di desa Troso Jepara sendiri.


Terlepas dari hal tersebut, belakangan ini pamor kain tenun ikat atau karya kerajinan tangan (handmade) berhasil mendapatkan gengsi tersendiri bagi sebagian kalangan masyarakat perkotaan; terutama mereka yang menghargai produk seni dan budaya tradisional. Kain tenun ikat tidak dibuat menggunakan mesin yang dapat menghasilkan banyak barang sekaligus.Namun harus dilakukan satu demi satu, dalam sekali proses membuat sebuah motif kain tenun ikat ini hanya dapat membuat 10 lembar kain tenun endek, bahkan untuk kain tenun rangrang rajut hanya dapat membuat 7 potong saja. 
Beberapa motif kain tenun Troso Jepara adalah 

  1. Rangrang
  2. Baron
  3. Rajut
  4. Endek
  5. Sarung
  6. Antikantikan
  7. Skaf
  8. Sesek
  9. Blanket
  10. Dolby Obama
  11. Dan lain lain


Anda dapat menemukan kain tenun ikat  Jepara di mana saja, dari aceh sampai papua, karena penyebaran kain tenun ikat Jepara ini merata, bahkan bisa dikatakan kain kain tenun yang ada di Bali sendiri hampir 70 % adalah produk dari Tenun Troso Jepara. Motif beragam dan kualitas yang bagus menjadikan kain tenun ikat ini mempunyai pasar tersendiri bagi mereka pecinta kain tenun.

CONTAK PERSON BBM 54CC4F4D WHATSAPP 085 290 167 551

Share this product :

Hot Articles

 
Support : Copyright © 2011. KAIN TENUN IKAT - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger